7 Cara Agar Ketiak Tidak Basah, Simpel Bikin Percaya Diri Sepanjang Hari

Jakarta – Ketiak basah seringkali menjadi masalah yang dapat memengaruhi rasa percaya diri. Jangan khawatir, ada beberapa cara agar ketiak tidak basah yang bisa dilakukan dengan mudah.
Bekas keringat yang terlihat dan memalukan di area ketiak dapat menurunkan kepercayaan diri dan menghambat karier serta kehidupan sosial seseorang. Terkadang keringat di ketiak bisa sangat parah sehingga menyebabkan kecemasan dan depresi.

Melakukan perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola makan dan mengurangi asupan kafein, dapat membantu mengatasi keringat. Menggunakan antiperspiran topikal juga dapat menjadi satu cara agar ketiak tidak basah.


Jika kamu merasa terganggu dengan banyaknya keringat yang keluar, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah keringat berlebih. Apa saja?

Berikut adalah cara agar ketiak tidak basah yang bisa dicoba di rumah:
1. Pakai Antiperspiran yang Tepat
Kamu mengoleskan antiperspiran sebagai bagian dari rutinitas harian. Namun apakah kamu menggunakan produk yang tepat? Dan yang lebih penting, apakah kamu menggunakannya dengan benar?


Antiperspiran adalah solusi termudah dan paling umum digunakan untuk mengendalikan keringat di ketiak. Penting bagi kamu untuk menggunakan antiperspiran (dan bukan deodoran) untuk melindungi dari keringat. Deodoran dibuat untuk melawan bau badan dan belum tentu berfungsi untuk mencegah keringat.

Antiperspiran membunuh bakteri penyebab bau dan secara aktif menghalangi kelenjar keringat memproduksi keringat di ketiak. Hal ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.

Namun, bagi sebagian orang, antiperspiran yang dijual bebas tidak cukup efektif. Jika ternyata antiperspiran biasa tidak berhasil untuk kamu, carilah antiperspiran yang lebih kuat dengan jumlah aluminium klorida yang lebih tinggi, bahan aktifnya (setidaknya 13 persen).

Penting juga untuk memastikan kamu menggunakan antiperspiran dengan benar agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleskan antiperspiran hanya pada kulit yang kering dan bersih (jangan oleskan pada ketiak yang sudah berkeringat atau ketiak yang masih lembap karena mandi). Gunakan antiperspiran di malam hari, setelah kamu mandi, saat tubuhmu paling dingin; ini memungkinkan bahan aktif untuk memberikan efek penuh.

2. Cukur Rambut Ketiak
Mencukur rambut ketiak bisa menjadi salah satu cara agar ketiak tidak basah, karena rambut dapat menghalangi antiperspirant melakukan tugasnya. Namun, hindari mengaplikasikannya segera setelah bercukur, karena antiperspiran dapat mengiritasi kulit yang baru dicukur.

Mencukur rambut ketiak bisa mengurangi keringat berlebih. Rambut menahan kelembapan, tidak terkecuali bulu ketiak.

Jika kamu sudah mengalami keringat berlebih di ketiak, mencukur sangatlah penting. Dan jika kamu terus-menerus melawan bau badan selain keringat, mencukur juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkannya.

3. Hindari Makanan Pemicu Keringat
Tahukah kamu bahwa pola makan dapat memengaruhi seberapa banyak kamu berkeringat? Beberapa makanan dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak keringat dibandingkan makanan lainnya.

Makanan dengan kandungan serat yang rendah memaksa sistem pencernaan bekerja lembur untuk memecah makanan. Diet tinggi natrium berarti tubuh akan mendetoksifikasi semua garam dalam bentuk kelebihan urin dan keringat. Dan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak menyebabkan bagian dalam tubuh menjadi hangat saat tubuh memproses lemak.

Beberapa makanan dan minuman lain yang bisa memicu ketiak berkeringat antara lain, makanan yang diproses, minuman keras dan bir, bawang putih dan bawang bombay, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, kafein, hingga hidangan panas dan pedas.

4. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Air Tinggi
Beberapa makanan sebenarnya dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh dan menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif dalam prosesnya. Saat ingin mengurangi keringat melalui diet, penting untuk fokus pada makanan yang tidak membebani sistem pencernaan.

Kamu sebaiknya mencari makanan yang tidak terlalu merangsang sistem saraf dan malah menenangkannya. Perbanyak minum air putih serta beberapa makanan dengan kandungan kalsium tinggi (seperti produk susu dan keju), kacang almond, pisang, sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi (misalnya semangka, anggur, melon, brokoli, bayam, kembang kol, paprika, terong, kol merah), minyak zaitun, gandum, ubi jalar bisa dikonsumsi sebagai cara agar ketiak tidak basah.

5. Pakai Pakaian Menyerap Keringat dan Longgar
Pilihlah pakaian berwarna yang lebih baik dalam menyembunyikan keringat, seperti hitam atau biru tua. Warna-warna terang atau cerah terkenal dapat membuat noda dan mudah terlihat.

Pastikan untuk melengkapi lemari pakaian dengan pakaian yang menyerap keringat dan barang-barang yang terbuat dari bahan alami dan ringan. Kenakan pakaian yang terbuat dari katun, linen, atau rayon bambu. Jangan memakai serat sintetis yang tahan air seperti campuran poliester, rayon, atau katun lycra.

Tak hanya itu, mengenakan pakaian ketat , terutama pakaian yang pas di bawah lengan dapat menyebabkan noda di ketiak pada baju. Ini juga bisa membuat kamu lebih banyak berkeringat. Pakai baju longgar membuat ketiak kamu menjadi dingin dengan baik dan membantu mencegahnya berkeringat serta menodai pakaian.

6. Hindari Kafein
Kafein merangsang sistem saraf dan meningkatkan keringat. Hal ini juga menyebabkan tekanan darah meningkat, detak jantung, dan kelenjar keringat pun meningkat.
Jika kamu penggemar kopi atau minuman panas lainnya yang mengandung kafein, kamu mungkin akan mengalami hari yang sangat berkeringat karena minuman panas meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan keringat. Cobalah mengurangi atau menghilangkan kafein sama sekali.

7. Berhenti Merokok
Nikotin yang kamu konsumsi saat merokok, seperti halnya kafein dapat meningkatkan suhu tubuh, membuat jantung berdetak lebih cepat, dan menyebabkan kelenjar keringat bekerja. Merokok dikaitkan dengan sejumlah masalah terkait kebersihan dan kesehatan lainnya seperti bau mulut, gigi bernoda, dan kanker. Jadi, jika kamu siap mengurangi keringat berlebih dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, berhenti merokok mungkin merupakan solusi yang tepat untuk kamu.

Itulah berbagai cara agar ketiak tidak basah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dengan menggabungkan cara di atas, https://juswortele.com kamu dapat menciptakan rutinitas perawatan pribadi yang membantu mengatasi masalah ketiak basah secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*