Alasan Bikin Geleng Kepala Pengemis di Surabaya Paksa Minta Uang Rp 5 Ribu

Surabaya – Sebuah video pengemis di Surabaya memaksa pengguna jalan memberi uang Rp 5 ribu. Pria bernama Anton Budianto (50) warga Dukuh Kupang Utara Surabaya, melakukan aksinya di beberapa tempat.
Salah satunya di traffic light Kertajaya, area SPBU Bratang Jaya. Pria itu menghampiri mobil warga dan meminta uang Rp 5 ribu dengan alasan untuk membeli makan. Namun, ketika diberi Rp 2 ribu, pria tersebut pergi meninggalkan mobil warga tanpa mengambil uang. Bahkan pernah melakukan aksinya keliling di kampung atau perumahan di beberapa kawasan.

“Minta uang Rp 5 ribu om, tak buat beli makan om, aku belum makan, lapar om,” ujar pria yang meminta-minta itu dengan wajah melasnya seperti yang dilihat detikJatim pada video viral, Sabtu (25/11/2023).

Ketua Satpol PP Surabaya M Fikser membenarkan adanya kejadian meresahkan warga tersebut. Ia juga mendapat laporan dan langsung menyebar anggotanya ke beberapa titik.

“Jadi saat ini kita sebarkan, posisinya di mana kami cek. Di perempatan dekat Pasar Burung Bratang, anggota sudah kita sebar di perempatan,” kata Fikser saat dihubungi detikJatim.

Dia mengaku pria tersebut sudah pernah diamankan dan mendapat pembinaan. Namun tidak dijadikan efek jera, justru kembali meminta-minta lagi di jalanan

“Dari data yang kita telusuri, yang bersangkutan pernah ditangkap. Kambuh lagi ini,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diterima detikJatim, Anton itu sudah dibawa ke Liponsos Keputih. Kemudian, dijemput keluarga dan dikembalikan dengan membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya. Namun Anton mengulangi kembali perbuatannya.

Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya Iptu Bobby mengatakan, pihaknya mengamankan AB dan melakukan pemeriksaan terhadap AB.

“Sudah kami lakukan pemeriksaan, bahwa tidak terdapat unsur pidana. Sehingga kami berkoordinasi dengan pihak Satpol PP Kota Surabaya untuk kami serah terimakan,” kata Bobby dalam keterangan yang diterima detikJatim, Minggu (26/11/2023).

Anton mengaku memaksa meminta uang Rp 5 ribu pada pengguna jalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebab, hingga kini ia tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

“Sebelumnya kuli bangunan, karena kena Corona (COVID-19) lalu tidak bekerja, untuk kebutuhan sehari-hari ya seperti itu (mengemis),” ungkap Anton dalam data yang diperoleh detikJatim, Minggu (26/11/2023). https://lakbanhitam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*