Berbanding Terbalik dengan Firli, Ini Harta Nawawi Ketua KPK Baru

Jakarta – Nawawi Pomolango resmi menjadi Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sebagai pimpinan KPK, Nawawi tercatat telah melaporkan harta kekayaannya dengan total nilai Rp 3,7 miliar.
Dilihat dari situs e-LHKPN KPK, Senin (27/11/2023), Nawawi menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 30 Januari 2023. LHKPN-nya itu berisi harta Nawawi selama 2022.

Dalam LHKPN tersebut, Nawawi tercatat memiliki tujuh bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Bolaang Mongondow hingga Balikpapan dengan total nilai Rp 2,3 miliar. Seluruh tanah dan bangunannya itu dilaporkan sebagai hasil sendiri.

Nawawi juga melaporkan dirinya memiliki dua unit kendaraan, yakni motor Honda BeAT dan mobil Toyota Innova. Total nilainya Rp 321,5 juta. Selain itu, Nawawi memiliki harta bergerak lain senilai Rp 155 juta, kas dan setara kas Rp 702 juta, serta harta lainnya Rp 235 juta.

Nawawi tak memiliki utang. Total hartanya ialah Rp 3.713.500.000 (Rp 3,7 miliar).

Jumlah tersebut berbeda jauh jika dibandingkan dengan harta Firli dalam LHKPN periodik 2022. Dalam LHKPN yang dilaporkan pada 20 Februari 2023, Firli tercatat memiliki delapan bidang tanah dan bangunan yang berada di Bandar Lampung dan Bekasi. https://repositoryku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*