Google Segera Hapus Akun Tak Aktif, Amankan Akun Kalian!

Jakarta – Google akan mulai menghapus akun yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023. Pengguna diharapkan mengamankan akunnya yang sudah lama tidak aktif agar data di Gmail atau Google Photos tidak hilang.
Penghapusan ini merupakan bagian dari kebijakan akun Google tidak aktif yang baru saja diperbarui. Google menggolongkan akun tidak aktif sebagai akun yang tidak digunakan setidaknya selama dua tahun.

Jika akun Google tergolong tidak aktif da turut dihapus, bukan hanya akun kalian saja yang hilang. Semua konten, termasuk pesan Gmail, foto dan video di Photos, janji temu di Calendar, daftar kontak di Contacts, video YouTube, dan dokumen di Drive juga akan terhapus.

Google mengatakan kebijakan penghapusan ini diambil karena akun yang sudah dua tahun tidak aktif lebih rawan dibobol karena keamanannya sudah tidak terlalu diperhatikan.

“Ini karena akun yang dilupakan atau tidak diurus kadang menggunakan password lama atau password yang digunakan berulang kali yang mungkin pernah disusupi, belum mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan keamanannya jarang dicek oleh pengguna,” kata Google, seperti dikutip dari Cnet, Senin (27/11/2023).

Google mengatakan akan mengirimkan email pengingat ke alamat email utama dan alamat recovery sekitar delapan bulan sebelum penghapusan akun dimulai. Untungnya, kebijakan ini hanya berlaku untuk akun pribadi, sehingga akun bisnis atau akun sekolah tidak terdampak.

Lima hari menjelang tenggat waktu yang ditetapkan Google, pengguna diimbau untuk mengamankan akun Google yang sudah tidak aktif agar tidak dihapus. Kabar baiknya, cara membuat akun Google tetap aktif sangat gampang.

6 cara agar akun Google tetap aktif dan tidak dihapus
Membaca atau mengirimkan email
Menggunakan Google Drive
Menonton video di YouTube
Download aplikasi di Google Play Store
Menambahkan foto ke Google Photos
Menggunakan Google Search atau menggunakan akun Google untuk login ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

Selain enam cara di atas, jika kalian memiliki akun Google yang terhubung dengan layanan berlangganan, misalnya ke Google One, layanan berita, atau ke aplikasi, itu juga sudah termasuk aktivitas.

Kalau kalian punya satu akun Google dan sering melakukan aktivitas di atas, berarti akun Google kalian tidak akan dihapus. Kalau kalian punya lebih dari satu akun Google pastikan selalu login setidaknya setiap 24 sekali agar tidak dihapus. https://nutriapel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*