Gus Imin Janjikan Khitan Ditanggung JKN, BPJS Kesehatan Bilang Begini

Jakarta – Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengatakan biaya khitanan akan ditanggung BPJS Kesehatan jika dirinya bersama Capres Anies Baswedan menang Pilpres 2024.
Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, Agustian Fardianto (Ardi), mengatakan hingga saat ini sunat/khitan memang belum termasuk dalam prosedur medis yang biayanya ditanggung pemerintah melalui BPJS. Hal ini mengacu pada Perpres No. 28 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Terkait dengan penjaminan sunat/khitan, sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 bahwa tindakan sunat/khitan saat ini belum termasuk ke dalam penjaminan Program JKN,” ungkap Ardi kepada detikcom, Senin (27/11/2023).

Meski begitu, Ardi tidak menutup kemungkinan prosedur sunat/khitan ini bisa saja ditanggung BPJS. Sebab menurutnya biaya khitanan bisa saja ditanggung negara apabila yang bersangkutan memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu yang mengharuskan dirinya melakukan tindakan tersebut.

“Namun, apabila terdapat penyakit atau kondisi medis pada alat kelamin pria yang mengharuskan melakukan tindakan sunat/khitan, maka hal tersebut bisa dijamin oleh Program JKN sesuai dengan indikasi medis,” jelas Ardi.

Artinya selama ini biaya sunat/khitan sudah ditanggung pemerintah bila yang bersangkutan diharuskan secara medis untuk menerima prosedur medis itu. Walaupun hal ini tidak untuk kondisi umum di mana yang bersangkutan tidak diwajibkan secara medis untuk melakukan khitanan.

Karenanya, di luar permasalahan ini Ardi tetap mengimbau masyarakat untuk tetap memastikan status kepesertaannya tetap aktif. Sebab selain menerima prosedur khitan saat dibutuhkan secara medis, masyarakat bisa menerima layanan medis lainnya sesuai kebutuhan.

“Dengan begitu, pastikan status kepesertaan JKN tetap aktif dengan selalu mengecek melalui Aplikasi Mobile JKN ataupun Chat Asisstant JKN(CHIKA),” imbuhnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Gus Imin sempat mengatakan biaya khitanan akan ditanggung negara jika ia bersama Capres Anies Baswedan menang Pilpres 2024. Hal ini disampaikannya saat menghadiri khitanan massal di Pasar Senen, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar).

“Kalau saya produk khitan massal, Insyallah kalau AMIN menang khitanan massal dilaksanakan oleh negara. Nanti khitanan itu bagian dari prosesi gratis untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Gus Imin.

“Kalau hari ini BPJS tidak termasuk khitan, nanti insyaallah kalau AMIN menang BPJSnya termasuk khitanan,” tambahnya. https://elementlagu.com/wp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*