Legendaris di Surabaya! Ini Toko Kopi Sigan yang Ada Sejak 1950-an

Surabaya – Kedai kopi legendaris tersebar di berbagai daerah Indonesia, termasuk Surabaya. Ada Kopi Sigan yang diperkirakan sudah ada sejak 1950-an dan masih eksis sampai sekarang.
Toko Kopi Sigan di Jalan Cendrawasih Nomor 8, Krembangan Selatan ini awalnya bernama Toko Kopi Swiekhay. Pemiliknya, Boedi Gunawan mengatakan kedai kopi ini didirikan oleh orang tuanya.

“Sebenarnya nama toko ini Swiekhay, tapi mungkin diambil enaknya oleh masyarakat jadi Sigan,” ujar Gunawan kepada tim detikJatim, Minggu (26/11/2023).


Pria yang akrab disapa Gunawan ini mengatakan dulunya kedai kopi ini ramai dikunjungi para pekerja maupun masyarakat. Terlebih dulu Krembangan adalah kawasan yang cukup sibuk dengan aktivitas perdagangan di sekitar Kalimas dan Jembatan Merah.

Namun sekarang, kondisi daerah tersebut tak seramai dulu hingga membuat kedai kopi ini juga kehilangan pengunjung. Kedai kopi ni hanya ramai dikunjungi pagi hingga sore hari, terutama di jam istirahat siang.

Pengunjungnya rata-rata didominasi oleh pegawai di kantor dan perusahaan yang terletak di sekitar Jalan Cendrawasih.

Keunikan toko kopi ini adalah masih mempertahankan arsitektur yang unik dan autentik khas zaman dahulu. Interior di toko kopi ini pun banyak menggunakan hiasan produk-produk lawas, didominasi produk kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman, serta alat tulis lama.

Hal tersebut tak mengherankan karena dulunya kedai kopi ini pernah menjelma menjadi toko kelontong, serta toko alat tulis.


Tak hanya tentang historinya, kopi yang dijual di sini rasanya sangat ciamik dan khas. Minuman kopi dibuat secara manual menggunakan biji kopi asli dari Bali dan Aceh.

Toko Kopi Sigan ini cocok disambangi detikers yang hobi menikmati seduhan kopi dengan suasana ruangan yang unik dan autentik khas zaman dahulu. Penasaran coba? https://roketgubuk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*