Hujan Mulai Menerpa, Wisata ke Pulau Seribu Pilih-pilih Waktu Terbaik

Jakarta – Kepulauan Seribu adalah satu destinasi unggulan yang dimiliki DKI Jakarta. Banyak spot menarik dan resor estetik, tetapi jika ke sini traveler mesti pilih-pilih waktu yang pas karena musim hujan telah tiba.
Pulau Seribu memiliki banyak pulau yang bisa disambangi. Misalnya, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Macan, hingga pulau resor yang kian berkembang. Deretan kepulauan ini menyajikan keunikannya sendiri dengan obyek wisata yang beragam.

Ada yang menjadikan konservasi satwa menjadi unggulan, ada pula yang menyajikan keindahan alam dan sensasi pulau yang private dengan segala aktivitas hiburan.

detikTravel bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta pada Senin (27/11/2023) mengunjungi Pulau Payung yang dikelola oleh Asha Resort. Popularitas resor pribadi itu tengah naik daun.

Bahkan, menurut penuturan General Manager Asha Resort, Aryo Nodya, reservasi penginapan di tempatnya pada akhir pekan penuh selalu dan traveler mesti waiting list.

“Reservasi di weekend saja yang full sampai akhir Desember. Dan di weekdays masih available di 1 atau 2 room glamping saja,” ujarnya saat ditemui detikTravel, Senin (27/11/2023).

Di sisi lain, ia juga menyebut tempatnya yang merupakan resor terbuka, sehingga menampilkan apa adanya, sesuai dengan kondisi cuaca yang terjadi.

Tetapi, traveler nggak perlu khawatir, itu karena saat ini rasanya bukan waktu terbaik berwisata ke Pulau Seribu. Khususnya Asha Resort, tempat itu menawarkan hiburan luar ruangan seperti bermain ATV, kano, snorkeling, hingga DJ dan live music.

Namun, pada kedatangan kami, cuaca sedang tidak bersahabat. Awan mendung ikut datang ketika kami baru tiba sekitar pukul 9.37 WIB. Alhasil beberapa jam kemudian, hujan turun membasahi seluruh pulau dan membuat hiburan jadi juga terkendala. Misalnya, durasi snorkeling harus dipersingkat, telusur ATV tidak bisa dilakukan, atau live DJ juga dipangkas.

Selain itu, ini juga menghalangi tujuan kami yang ingin singgah juga di Pulau Pramuka untuk melihat area konservasi.

Berkaca pengalaman itu, sebaiknya traveler mengecek prakiraan cuaca melalui aplikasi terlebih dulu sebelum memutuskan berlibur ke Kepulauan Seribu.

Berikut tips berlibur ke Kepulauan Seribu saat musim hujan:

1. Pastikan cuaca bersahabat

Ketika ingin berwisata ke Kepulauan Seribu, traveler bisa berkunjung di cuaca yang cerah. Hal itu agar wisata dapat optimal dan ombak laut masih nyaman diarungi.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek aplikasi perkiraan cuaca.

2. Berangkat pagi hari

Berwisata ke Kepulauan Seribu, paling pas jika berangkat sejak pagi hari. Sebab, cuaca di pagi hari tidak terlalu panas dan masih asyik ditelusuri.

Selain itu, datang sejak pagi hari sangat pas bagi yang ingin one day trip atau tur pulang pergi ke Kepulauan Seribu. Dengan berkunjung lebih awal, traveler dapat juga pulang dengan tidak larut sore.

Adapun cuaca ombak sore di sekitar Jakarta menuju Kepulauan Seribu cukup kencang, dan baiknya mesti dihindari. https://kreditmacet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*