Legislator PKB Yakin KPK Tetap Kejar Buron di Bawah Kepemimpinan Nawawi

Jakarta – Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB, Jazilul Fawaid berharap KPK bisa lebih baik lagi di bawah kepemimpinan Nawawi Pomolango. Jazilul juga berharap kepercayaan publik terhadap KPK bisa kembali.
“Tentu kami semua tetap berharap KPK di bawah kepemimpinan Pak Nawawi Pomolango akan lebih baik dan kepercayaan publik kembali lagi,” kata Jazilul saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Senin (27/11/2023).

Menurut Jazilul, Nawawi memiliki trek record yang baik. Dia yakin Nawawi bisa menjaga amanah dengan baik, termasuk menyelesaikan kasus-kasus korupsi dan mengejar para buron KPK.

“Hemat saya, Pak Nawawi itu memiliki integritas dan track record yang baik, tentu akan menjaga amanat ini penuh tanggung jawab, termasuk menyelesaikan kasus-kasus lama yang menjadi beban KPK, salah satu kasusnya seperti mengejar para buronan KPK,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Nawawi. Dia mengatakan KPK diharapkan menjadi garda terdepan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Selamat Pak Nawawi, KPK tetap diharapkan menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,” imbuhnya.

Nawawi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua KPK sementara berdasarkan surat keputusan presiden (keppres) yang dikeluarkan pada Jumat (24/11). Nawawi juga telah diambil sumpah sebagai Ketua KPK sementara.

Pengucapan sumpah jabatan itu digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023). Upacara pengucapan sumpah diawali dengan pembacaan Keppres nomor 116 tanggal 24 November 2023 terkait pemberhentian sementara Firli Bahuri dan pengangkatan Nawawi.

Alasan Jokowi Tunjuk Nawawi
Jokowi mengungkap banyak pertimbangan memilih Nawawi. Kendati demikian, Jokowi enggan membeberkan alasannya.

“Banyak pertimbangan, memang pilihannya ada empat, tetapi apa pun kita harus memilih satu, nggak mungkin empat-empatnya kita pilih,” kata Jokowi usai menghadiri acara puncak Hari Guru Nasional di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Sabtu (25/11).

Jokowi berharap KPK berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan Nawawi sampai terpilih ketua KPK baru. https://pembangkitkuku.com

“Semoga KPK berjalan dengan baik sampai nanti terpilih ketua yang baru,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*