Wanti-wanti Jokowi soal Tugas ke Nawawi yang Gantikan Firli

Jakarta – Nawawi Pomolango resmi dilantik sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti Nawawi untuk berhati-hati melaksanakan tugas.
Nawawi mengucapkan sumpah dan janji di depan Jokowi. Pembacaan sumpah itu digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023).

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapa pun juga,” demikian bunyi sumpah jabatan yang diucapkan Nawawi.

“Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, saksama, objektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara,” imbuhnya.

Pesan Jokowi
Jokowi diam-diam memberikan pesan kepada Nawawi. Ia meminta Nawawi untuk berhati-hati.

“Beliau tadi dengan mimik ini aja, kalau membaca tapi ada satu ucapan hati-hati dalam menjalankan tugas,” kata Nawawi.

Setelah resmi menjadi Ketua KPK sementara, Nawawi akan mengumpulkan seluruh pimpinan hingga jabatan struktural KPK. Pihaknya akan membahas rencana kerja KPK ke depan.

“Saya berencana seusai dari tempat ini saya akan kembali ke kantor dan meminta rekan-rekan pimpinan dan seluruh pejabat struktural eselon I dan eselon II untuk mengadakan rapat pimpinan,” kata Nawawi.

“Kita berbincang mengenai segala hal yang barangkali harus kita lakukan dan menjadi skala prioritas ke depan,” lanjutnya.

Saat ditanya soal pemberian bantuan hukum ke Firli, Nawawi belum memberikan jawaban. Dia mengatakan hal ini juga yang menjadi salah satu materi yang akan dibahas di rapat nanti.

“Ini termasuk materi yang nanti akan kami bicarakan apakah yang bersangkutan perlu kita dampingi atau beri bantuan hukum,” ujarnya. https://sayurkana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*