Heboh Penumpang Citilink Merokok di Pesawat-Rage Room Jadi Tempat Bercinta

Jakarta – Berita terpopuler detikTravel pada hari kemarin membahas tentang seorang penumpang yang berani merokok di tengah penerbangan Citilink. Penumpang tidur di kolong kabin juga jadi perhatian.
Penumpang Citilink berulah di tengah penerbangan. Penerbangan dengan rute Batam-Surabaya langsung viral!

Peristiwa itu pun viral di media sosial. Dikutip dari detikSumut, Minggu (19/11) pada video viral berdurasi 6 detik, terlihat seorang pria dibawa oleh beberapa orang petugas bandara. Tampak seluruh penumpang di dalam pesawat melihat pria tersebut dijemput oleh petugas.

“Bikin heboh penumpang lain, pria ini merokok di tengah penerbangan Batam menuju Surabaya,” tulis keterangan pada video viral tersebut.

Citilink Indonesia dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kejadian tersebut diketahui terjadi pada penerbangan Citilink QG 949 rute Batam tujuan Surabaya pada Sabtu (18/11) kemarin.

“Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar mengenai penumpang yang merokok di dalam pesawat, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa benar terdapat penumpang yang merokok di dalam penerbangan Citilink QG 949 rute Batam-Surabaya pada Sabtu, (18/11),” kata Head of Corporate Secretary & CSR Division PT Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11).

Heza menyebut penumpang tersebut saat tiba di Bandara Juanda, Surabaya langsung diamankan oleh petugas bandara. Kepada petugas Bandara, penumpang yang kedapatan merokok mengakui kesalahannya. https://gimanalagiyakan.com

Serahkan Hak Asuh Anak ke Okie Agustina, Gunawan: Saya Tetap Tanggung Jawab

Jakarta – Dalam proses perceraian Gunawan Dwi Cahyo mengaku menyerahkan hak asuh anak-anaknya kepada Okie Agustina. Gunawan mengaku akan bertanggung jawab kepada anak-anaknya.
“Hak asuh ikut sama Okie. Dan nantinya seperti apa, tetap saya bertanggung jawab terhadap anak,” kata Gunawan Dwi Cahyo di Pengadilan Agama Bogor pada Senin (20/11/2023).


Perihal tuntutan nafkah Rp 5 juta perbulan itu, Okie mengakui memang kesepakatannya dengan Gunawan. Okie menilai nominal itu sudah cukup.

“Ya itu memang permintaan saya, saya nggak mau besar-besar dan itu kesepakatan aja sih Rp 5 juta sudah cukuplah,” beber Okie Agustina.


Perihal harta gono-gini Okie dan Gunawan belum mau membahasnya. Keduanya mengatakan nantinya bakal dibahas dalam persidangan.

“Itu nanti di sidang,” kata Gunawan.
Gunawan juga menilai kesepakatan berpisah ini sebagai jalan terbaik.

“Ya kita udah ada kesepakatan dan kita udah ngobrol baik baik, dan yaudah kita jalanin seperti ini buat hubungan kita yang lebih baik kedepannya,” kata Gunawan.

Okie Agustina juga sudah sepakat untuk cerai dari Gunawan. Meski awalnya berat untuk menyelesaikan rumah tangganya ke Pengadilan Agama untuk kedua kali, tapi Okie Agustina tetap akan menjalankannya. https://mauapalagi.com

Jawaban Inara Rusli Jika Virgoun Minta Rujuk

Jakarta – Inara Rusli dan Virgoun sudah resmi cerai. Dalam perceraian itu, Inara Rusli berhasil memenangkan hak asuh anak dan royalti dari karya yang dibawakan Virgoun.
Lantas bagaimana jika nantinya Virgoun meminta rujuk dengan Inara? Pertanyaan ini sering didapatkan Inara. Seperti saat Irfan Hakim sebagai host FYP, Trans 7 menanyakan soal kemungkinan Virgoun meminta rujuk. Ia langsung memberikan jawaban mengenai hal tersebut.


“Kalau nanti Virgoun minta rujuk seandainya gimana?” tanya Irfan Hakim saat mengisi acara FYP, Selasa (21/11/2023).

“Kan sudah ketok palu, kalau misalnya mau (rujuk) ya harus nikah lagi kan talak tiga sudah (tidak bisa) buat rujuk dong,” jelas Inara Rusli.


Dikutip dari berbagai sumber, jika sudah ada talak tiga maka tidak dapat dirujuk dan tidak dapat dinikahkan kembali. Kecuali apabila pernikahan itu dilakukan setelah bekas istri menikah dengan orang lain dan kemudian terjadi perceraian ba’da al dukhul dan habis masa iddahnya.


Inara Rusli mengaku tidak mau berandai-andai mengenai kisah asmaranya dengan Virgoun setelah resmi cerai. Ia mengatakan saat ini hanya fokus dengan anak-anaknya.

“Ya kan memang sudah tidak bisa (kalau rujuk) memang harus menikah dengan orang lain dulu kan,” terangnya lagi.


“Sekarang fokusnya sama anak-anak dan menjadi kualitas yang lebih baik lagi. Pokoknya yang terpenting untuk anak-anak sih itu saja,” katanya lagi.

Inara Rusli juga memastikan hubungannya dengan Virgoun baik-baik saja. Ia tidak pernah membatasi pertemuan Virgoun dengan anak-anaknya.

“Sebisanya dia saja, kan daddynya sibuk juga ya. Kayak nanti Starla kan mau ada konser di tanggal 26 nah daddynya nggak bisa nemenin jadi aku yang nemenin gitu sih nggak ada masalah,” lanjutnya lagi. https://caridimanaka.com

Rumah di AS Punya Garasi Luas Tapi Kenapa Mobil Masih Diparkir di Halaman?

Jakarta – Rumah-rumah besar di Amerika Serikat kebanyakan punya garasi yang luas. Tapi anehnya, warga di sana masih memarkirkan kendaraannya di halaman. Kenapa ya?
Pernahkah kamu melihat di film-film Hollywood banyak rumah di Amerika punya halaman luas lengkap dengan garasi tertutup yang besar. Tapi, garasi itu justru tak digunakan untuk memarkirkan mobil.

Meski sudah punya garasi besar, warga Amerika kerap memarkirkan kendaraannya di halaman rumah mereka.

Dikutip dari Medium. berdasarkan riset yang dilakukan Skywriters Garage Blog, lebih dari 82 juta rumah di Amerika Serikat punya garasi. Lebih dari 79% di antaranya punya setidaknya garasi yang muat satu mobil, sementara 17% rumah baru punya garasi yang muat 3 mobil.

Tapi, ada kesamaan dari angka-angka itu, yaitu garasi tersebut tak selalu dipakai untuk menaruh kendaraan.


Saat garasi pertama kali ditemukan pada awal 1900-an, garasi dulu berbentuk gudang yang memiliki gerbang buka tutup dan kini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Meski begitu, fungsinya tetap sama: dipakai untuk menaruh barang-barang. Ya, garasi di Amerika Serikat tak melulu dipakai memarkirkan kendaraan, tapi juga menaruh barang-barang.

Pemandangan ini juga yang kerap kita lihat di film-film. Biasanya, barang-barang yang ditaruh di garasi seperti perkakas, spare part kendaraan, sepeda, dll.

Bukan barang-barang yang diperlukan sehari-hari, tetapi barang-barang lama yang tidak dibuang tetapi tetapi masih disimpan dengan pikiran bahwa suatu saat akan dibutuhkan. Nah, barang-barang tersebut biasanya disimpan di garasi.

Kadang-kadang orang parkir di halaman rumah karena sebenarnya tidak ada ruang untuk mobil di garasi. Mengapa? Karena itu penuh dengan barang.

Garasi juga digunakan untuk penyimpanan yang dibutuhkan setiap tahun. Barang musiman seperti dekorasi Natal, sepatu seluncur es, sepeda, alat potong rumput dan lain-lain.

Lain halnya bila bertemu musim dingin, di mana saatnya menaruh kendaraan di dalam garasi. Alasannya, bila mobil ditaruh di luar garasi, pemilik akan repot mengikis es salju yang menempel di body mobil dan kaca. Begitu juga saat musim panas. Si pemilik tak mau cat mobil dia rusak karena kelamaan ditaruh di bawah sinar matahari langsung. https://sisipkan.com/

David De Gea di Antara Messi dan Ronaldo

Jakarta – David De Gea masih menggangur. Tawaran datang dari dua tim, Al Nassr dan Inter Miami. Mau main sama Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, De Gea?
David De Gea masih belum ada klub, selepas kontraknya habis bersama Manchester United di musim panas kemarin. Sempat diisukan akan balik ke Setan Merah, tapi berakhir cuma sekadar rumor.


Dirangkum detikSport dari berbagai sumber, klub Arab Saudi, Al Nassr siap memboyong sang kiper. David De Gea ditawarkan gaji tinggi, sebesar 500 ribu Pounds per pekan atau setara Rp 9,6 miliar.

Namun kabarnya, De Gea menolak tawaran tersebut. Meski diyakini, Al Nassr masih akan berusaha mengimingi dengan berbagai bonus yang tidak kalah menggiurkan.


Kabar terbaru, Inter Miami masuk dalam perburuan David De Gea. Klub MLS itu memang lagi naik pamornya, setelah Lionel Messi bergabung.

Diyakini, bos Inter Miami yakni David Beckham akan coba membujuk kiper berusia 33 tahun itu. Pun di Inter Miami, De Gea bisa bereuni dengan eks rekannya di Timnas Spanyol yakni Sergio Busquets dan Jordi Alba.

Kalau memilih Al Nassr, De Gea pun bisa reuni dengan sesama eks pemain MU, Cristiano Ronaldo dan Alex Telles. https://kasikan12.com

Pilih mana, De Gea?

7 Cara Agar Ketiak Tidak Basah, Simpel Bikin Percaya Diri Sepanjang Hari

Jakarta – Ketiak basah seringkali menjadi masalah yang dapat memengaruhi rasa percaya diri. Jangan khawatir, ada beberapa cara agar ketiak tidak basah yang bisa dilakukan dengan mudah.
Bekas keringat yang terlihat dan memalukan di area ketiak dapat menurunkan kepercayaan diri dan menghambat karier serta kehidupan sosial seseorang. Terkadang keringat di ketiak bisa sangat parah sehingga menyebabkan kecemasan dan depresi.

Melakukan perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola makan dan mengurangi asupan kafein, dapat membantu mengatasi keringat. Menggunakan antiperspiran topikal juga dapat menjadi satu cara agar ketiak tidak basah.


Jika kamu merasa terganggu dengan banyaknya keringat yang keluar, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah keringat berlebih. Apa saja?

Berikut adalah cara agar ketiak tidak basah yang bisa dicoba di rumah:
1. Pakai Antiperspiran yang Tepat
Kamu mengoleskan antiperspiran sebagai bagian dari rutinitas harian. Namun apakah kamu menggunakan produk yang tepat? Dan yang lebih penting, apakah kamu menggunakannya dengan benar?


Antiperspiran adalah solusi termudah dan paling umum digunakan untuk mengendalikan keringat di ketiak. Penting bagi kamu untuk menggunakan antiperspiran (dan bukan deodoran) untuk melindungi dari keringat. Deodoran dibuat untuk melawan bau badan dan belum tentu berfungsi untuk mencegah keringat.

Antiperspiran membunuh bakteri penyebab bau dan secara aktif menghalangi kelenjar keringat memproduksi keringat di ketiak. Hal ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.

Namun, bagi sebagian orang, antiperspiran yang dijual bebas tidak cukup efektif. Jika ternyata antiperspiran biasa tidak berhasil untuk kamu, carilah antiperspiran yang lebih kuat dengan jumlah aluminium klorida yang lebih tinggi, bahan aktifnya (setidaknya 13 persen).

Penting juga untuk memastikan kamu menggunakan antiperspiran dengan benar agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleskan antiperspiran hanya pada kulit yang kering dan bersih (jangan oleskan pada ketiak yang sudah berkeringat atau ketiak yang masih lembap karena mandi). Gunakan antiperspiran di malam hari, setelah kamu mandi, saat tubuhmu paling dingin; ini memungkinkan bahan aktif untuk memberikan efek penuh.

2. Cukur Rambut Ketiak
Mencukur rambut ketiak bisa menjadi salah satu cara agar ketiak tidak basah, karena rambut dapat menghalangi antiperspirant melakukan tugasnya. Namun, hindari mengaplikasikannya segera setelah bercukur, karena antiperspiran dapat mengiritasi kulit yang baru dicukur.

Mencukur rambut ketiak bisa mengurangi keringat berlebih. Rambut menahan kelembapan, tidak terkecuali bulu ketiak.

Jika kamu sudah mengalami keringat berlebih di ketiak, mencukur sangatlah penting. Dan jika kamu terus-menerus melawan bau badan selain keringat, mencukur juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkannya.

3. Hindari Makanan Pemicu Keringat
Tahukah kamu bahwa pola makan dapat memengaruhi seberapa banyak kamu berkeringat? Beberapa makanan dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak keringat dibandingkan makanan lainnya.

Makanan dengan kandungan serat yang rendah memaksa sistem pencernaan bekerja lembur untuk memecah makanan. Diet tinggi natrium berarti tubuh akan mendetoksifikasi semua garam dalam bentuk kelebihan urin dan keringat. Dan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak menyebabkan bagian dalam tubuh menjadi hangat saat tubuh memproses lemak.

Beberapa makanan dan minuman lain yang bisa memicu ketiak berkeringat antara lain, makanan yang diproses, minuman keras dan bir, bawang putih dan bawang bombay, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, kafein, hingga hidangan panas dan pedas.

4. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Air Tinggi
Beberapa makanan sebenarnya dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh dan menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif dalam prosesnya. Saat ingin mengurangi keringat melalui diet, penting untuk fokus pada makanan yang tidak membebani sistem pencernaan.

Kamu sebaiknya mencari makanan yang tidak terlalu merangsang sistem saraf dan malah menenangkannya. Perbanyak minum air putih serta beberapa makanan dengan kandungan kalsium tinggi (seperti produk susu dan keju), kacang almond, pisang, sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi (misalnya semangka, anggur, melon, brokoli, bayam, kembang kol, paprika, terong, kol merah), minyak zaitun, gandum, ubi jalar bisa dikonsumsi sebagai cara agar ketiak tidak basah.

5. Pakai Pakaian Menyerap Keringat dan Longgar
Pilihlah pakaian berwarna yang lebih baik dalam menyembunyikan keringat, seperti hitam atau biru tua. Warna-warna terang atau cerah terkenal dapat membuat noda dan mudah terlihat.

Pastikan untuk melengkapi lemari pakaian dengan pakaian yang menyerap keringat dan barang-barang yang terbuat dari bahan alami dan ringan. Kenakan pakaian yang terbuat dari katun, linen, atau rayon bambu. Jangan memakai serat sintetis yang tahan air seperti campuran poliester, rayon, atau katun lycra.

Tak hanya itu, mengenakan pakaian ketat , terutama pakaian yang pas di bawah lengan dapat menyebabkan noda di ketiak pada baju. Ini juga bisa membuat kamu lebih banyak berkeringat. Pakai baju longgar membuat ketiak kamu menjadi dingin dengan baik dan membantu mencegahnya berkeringat serta menodai pakaian.

6. Hindari Kafein
Kafein merangsang sistem saraf dan meningkatkan keringat. Hal ini juga menyebabkan tekanan darah meningkat, detak jantung, dan kelenjar keringat pun meningkat.
Jika kamu penggemar kopi atau minuman panas lainnya yang mengandung kafein, kamu mungkin akan mengalami hari yang sangat berkeringat karena minuman panas meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan keringat. Cobalah mengurangi atau menghilangkan kafein sama sekali.

7. Berhenti Merokok
Nikotin yang kamu konsumsi saat merokok, seperti halnya kafein dapat meningkatkan suhu tubuh, membuat jantung berdetak lebih cepat, dan menyebabkan kelenjar keringat bekerja. Merokok dikaitkan dengan sejumlah masalah terkait kebersihan dan kesehatan lainnya seperti bau mulut, gigi bernoda, dan kanker. Jadi, jika kamu siap mengurangi keringat berlebih dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, berhenti merokok mungkin merupakan solusi yang tepat untuk kamu.

Itulah berbagai cara agar ketiak tidak basah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dengan menggabungkan cara di atas, https://juswortele.com kamu dapat menciptakan rutinitas perawatan pribadi yang membantu mengatasi masalah ketiak basah secara efektif.

Alasan Risma Nilawati 14 Tahun Masih Tetap Sendiri Usai Cerai dari Ferry Maryadi

Jakarta – Artis Risma Nilawati diketahui pernah membina rumah tangga dengan aktor Ferry Maryadi. Sudah 14 tahun selepas perceraian, bintang film Kiamat Sudah Dekat itu masih tetap sendiri.
Dalam acara Rumpi No Secret, Risma Nilawati menjelaskan alasan betah menjanda. Ibunda Harleyava Princy Maryadi itu mengakui untuk menikah lagi memang butuh pertimbangan.

“14 tahun aku sendiri kayak kalau ada cowok yang mau masuk ke kehidupan aku tiba-tiba lo ngatur ini itu, ngubah aturan aku sama Leya, entar dulu, entar dulu, kita bicara dulu nih,” ujarnya.

“Nggak mau keulang lagi juga kan. Jadi aku nyiapin banget untuk itu,” lanjutnya.


Selepas dari Ferry Maryadi, Risma Nilawati mengatakan susah jatuh cinta dengan lawan jenis. Bintang sinetron Pernikahan Dini itu mengungkapkan butuh waktu panjang untuk bisa dekat dengan pria.

“Aku untuk pacaran sama cowok saja panjang proses pedekatenya. Aku bisa setahun cowok dekat dan belum tentu aku terima juga. Aku susah jatuh cinta sama orang,” tuturnya.

Risma Nilawati bahkan kerap minta saran ke putrinya terkait balas-membalas pesan yang datang dari pria. Ia mengaku sangat mendengarkan masukan dari Leya.

“Ikut seleksi dia. Dia lebih posesif banget. Dia nanya balas chat kayak gimana https://darsalas.com , kenal di mana, kenal dari kapan,” katanya.

Berkunjung ke Pontianak, Kaesang dan Istrinya Bertemu Panglima Jilah

Jakarta – Ketum PSI Kaesang Pangarep bertemu dengan Pimpinan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR), Panglima Jilah. Pertemuannya itu untuk bersilahturahmi dan makan bersama.
Pantauan detikcom di Pondok Kakap, Pontianak, Kalimantan Barat pada Minggu (19/11/2023), Kaesang bersama istri, Erina Gudono disambut oleh Panglima Jilah. Panglima Jilah yang mengenakan baju adat Sapai Sapaq. Selain itu, tampak pula beberapa pasukan merah Panglima yang ikut berkumpul dan makan bersama.

“Hanya silahturahmi dengan panglima. Waktu itu kan panglima datang ke pernikahan saya tahun lalu. Jadi ini saya gunakan kesempatan untuk silahturahmi ke beliau lagi,” kata Kaesang.


Sementara itu Panglima Jilah mengatakan bahwa pihaknya menyambut dengan baik kedatangan Kaesang dan jajarannya di Kalbar. Ia pun mengaku akan mengawal PSI hingga selesai kunjungannya di Kalbar.

“Kita menyambut baik, sebagai anak presiden. Kita kemarin sudah komunikasikan ke publik, kita mengawal beliau sampai selesai. Ini adalah anak presiden,” ujar Panglima Jilah.


Selain itu terlihat pula jajaran DPP PSI seperti Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Anggota Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka, dan beberapa jajarannya.

Diketahui, DPP PSI mengunjungi Pontianak, Kalbar. Ketua DPP Satia Chandra Wiguna membeberkan sejumlah kegiatan yang dilakukan Ketum PSI, Kaesang selama di Pontianak. https://surinamecop.com Ia mengatakan rombongan akan melakukan serangkaian acara konsolidasi internal dan berdialog dengan masyarakat Pontianak.

Elon Musk ‘Berulah’ Lagi, Apple-Disney Cs Setop Iklan di X

FILE PHOTO: Elon Musk arrives at the In America: An Anthology of Fashion themed Met Gala at the Metropolitan Museum of Art in New York City, New York, U.S., May 2, 2022. REUTERS/Andrew Kelly//File Photo 

Foto: REUTERS/ANDREW KELLY

Jakarta, CNBC Indonesia – Apple dan Disney serta sejumlah perusahaan raksasa lainnya memutuskan untuk berhenti beriklan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Keputusan ini diambil setelah Bos X Elon Musk mengatakan dia setuju dengan unggahan media sosial yang menuduh “komunitas Yahudi” mendorong “kebencian terhadap orang kulit putih”. Hal ini diungkapkan menurut sumber yang mengetahui langkah kedua perusahaan kepada CNBC International.

Selain itu, raksasa media Warner Bros Discovery, Paramount Global, dan Lions Gate Entertainment juga menghentikan sementara kampanye iklan mereka di X. Juru bicara perusahaan-perusahaan tersebut mengatakan keputusan ini.

Tak berhenti sampai di situ, juru bicara Comcast, perusahaan pemilik Bravo dan Xfinity yang juga merupakan perusahaan induk CNBC, mengatakan pada Jumat (17/11/2023) bahwa mereka menghentikan kampanye iklan online di X.

Sebelumnya, kelompok nirlaba Media Matters for America menyebut konten iklan sejumlah perusahaan besar seperti IBM, Disney, Oracle, dan Infinity ditampilkan di samping “konten yang memuji Adolf Hitler dan Partai Nazi-nya”.

Seorang juru bicara IBM kemudian mengatakan pada Kamis lalu bahwa raksasa teknologi itu akan menghentikan kampanye iklan daringnya di X.

“IBM tidak menoleransi ujaran kebencian dan diskriminasi dan kami segera menangguhkan semua iklan di X, sementara kami menyelidiki situasi yang sepenuhnya tidak dapat diterima ini,” katanya dikutip dari CNBC, Sabtu (18/11/2023).

Sementara itu, Apple, Disney, dan Oracle tidak menanggapi permintaan komentar.

Sebuah koalisi yang terdiri dari 163 pemimpin Yahudi, aktivis dan akademisi yang mewakili kedua partai politik besar juga mengeluarkan pernyataan minggu ini sebagai tanggapan atas perilaku Musk baru-baru ini. Koalisi yang bernama Group X Out Hate itu menyerukan perusahaan-perusahaan seperti Disney, Apple dan Amazon “untuk berhenti mendanai X melalui belanja iklan mereka.”

Grup koalisi tersebut awalnya mendesak perusahaan-perusahaan tersebut untuk menangguhkan kampanye iklan online mereka di X pada bulan September, ketika Musk menyindir bahwa ia akan mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap Liga Anti-Pencemaran Nama Baik (ADL). Musk menuduh ADL “mencoba mematikan platform ini dengan cara yang salah dan menuduh saya antisemit.”

Pada saat itu, CEO ADL Jonathan Greenblatt, yang juga mengkritik unggahan X kontroversial Musk baru-baru ini minggu ini, menolak retorika pimpinan Tesla tersebut sebagai “ancaman tuntutan hukum yang sembrono.”

Pada Jumat, Gedung Putih secara terbuka mengkritik Musk atas tweet miliarder tersebut.

Pada hari yang sama, Musk menanggapi reaksi keras yang ia terima. Ia memutuskan para pengguna X yang mencuit slogan politik Palestina, “from the river to the sea” akan kena suspend.

“Seperti yang saya katakan awal pekan ini, “dekolonisasi”, “from the river to the sea” dan eufemisme serupa menyiratkan genosida,” tulis Musk.

“Seruan yang jelas untuk melakukan kekerasan ekstrem bertentangan dengan persyaratan layanan kami dan akan https://kasikan12.com/ mengakibatkan suspension.”

Greenblatt menanggapinya dengan mengatakan dalam unggahan X bahwa langkah tersebut penting dan memerangi kebencian.

Lagi Nyicil Rumah, Apa Boleh Ajukan Kredit Mobil?

SHARE  

Ilustrasi Beli Mobil Bekas 

Foto: Shutterstock

Jakarta, CNBC Indonesia – Di tengah cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) berjalan, mungkin saja Anda terpikir bahwa Anda membutuhkan kendaraan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Apakah hal ini tepat untuk dilakukan?

Bicara soal kesehatan keuangan pribadi, utang adalah bagian yang harus diperhatikan karena dengan adanya utang, kekayaan dan penghasilan Anda bisa tergerus karena adanya kewajiban ini.

Semakin besar cicilan utang, semakin sedikit uang yang bisa ditabung atau investasikan setiap bulan. Selain itu, semakin besar utang Anda maka semakin mengecil pula nilai kekayaan bersih Anda lantaran rumus dari nilai kekayaan bersih adalah total aset dikurangi total utang.

Untuk menjawab pertanyaan seputar tentang batas ideal jumlah utang, maka ketahuilah beberapa hal di bawah ini.

Rasio cicilan utang berbanding pemasukan

Anda mungkin sering mendengar nasihat keuangan yang mengatakan bahwa maksimal cicilan yang aman adalah 30% dari pemasukan. Nilai 30% adalah besaran rasio utang berbanding pemasukan.

Ketika cicilan Anda melebihi 30% dari pemasukan, maka Anda akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, hingga berinvestasi.

Patut diketahui bahwa nilai 30% itu sendiri adalah nilai dari “seluruh tagihan utang.”

Misalkan, Anda memiliki cicilan KPR yang setara dengan 20% pendapatan, dan Anda berniat mengambil kredit mobil baru. Anda harus pastikan bahwa cicilan mobil baru Anda tidak melebihi 10% dari penghasilan.

Rasio utang berbanding aset

Mungkin saja, cicilan utang Anda masih dalam batas wajar, tapi tidak dengan total utang Anda.

Untuk mengetahui apakah utang kita terlampau besar atau tidak, Anda bisa menggunakan rasio utang berbanding aset. Nilai rasio ini akan mengukur besaran utang yang belum terbayar, dibandingkan dengan total aset yang kita miliki.

Rumus untuk mencari nilai rasio ini adalah:

Total Utang x 100%

Total Aset

Adapun nilai maksimal dari rasio ini adalah 50%.

Jika nilai rasio Anda di atas 50%, maka Anda harus waspada karena total nilai utang Anda sudah melebihi dari setengah total aset.

Bayangkan saja apa yang terjadi jika Anda kehilangan penghasilan dan Anda masih harus melunasi utang-utang tersebut? Jumlah aset Anda akan menurun secara drastis karena Anda harus menjualnya demi melunasi utang.utang-utang tersebut.

Dan bila sebagian besar utang Anda adalah utang konsumtif, maka hal itu juga cukup berbahaya lantaran utang konsumtif hanya akan menggerus kekayaan Anda.

Semakin kecil semakin baik

Menyikapi rasio-rasio yang berkaitan dengan utang, ketahuilah bahwa semakin kecil nilai rasio tersebut maka makin sehat keuangan Anda.

Atau, Anda juga bisa membuat target di masa depan untuk membuat nilai rasio ini jadi nol.

Lakukanlah pengecekan kesehatan keuangan secara rutin untuk mengevaluasi jumlah utang kita. Dan perbaikilah keuangan kita secara perlahan sambil mengurangi kebiasaan buruk kita dalam konsumsi.